Best Character Building

  • Oktober 27, 2017
  • By Muhammad Barli Al-Muflih
  • 0 Comments

Pembinaan karakter merupakan perjalanan panjang dalam menghiasi perilaku seseorang agar menjadi pribadi yang lebih berakhlak baik di lingkungan rumah maupun sekitarnya dan juga perilaku dalam kemasyrakatannya. Hal ini menjadi sangat penting untuk kita sadari. Jika hubungannya dengan sesama sudah baik, maka mudah untuk mencapai tatanan kehidupan yang damai dan bahagia sebagaimana keadaan yang sama-sama kita kehendaki. 

Karakter menjadi sorotan besar di era globalisasi saat ini. Bagaimana tidak, arus informasi yang begitu deras menjadi generasi saat ini dengan mudah terpengaruh oleh bisikan-bisikan informasi yang siap merubah tindak tanduk seseorang yang tidak memiliki konsep berpikir dan keyakinan yang baik. Seakan informasi itu bagaikan binatang buas yang siap menerkam mangsanya. Generasi yang tanpa filter, Jelas akan terjerumus kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan keyakinan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai orang tua maupun pendidik harus melihat bahwa perkara karakter ini adalah masalah penting yang harus kita pecahkan bersama dan kita cari solusinya. Jika kita terlambat bertindak atasnya, tentu penyesalan akan terus menyertai kita. 

Nilai-nilai karakter haruslah segera ditanam kepada anak sedini mungkin. Budi pekerti yang baik itu tidak dihasilkan dalam sekejap mata. Ia merupakan proses panjang dari sebuah pendidikan yang diformulasikan dengan baik, rapi dan benar. Jika peran pendidikan salah mengambil langkah, maka akan berakibat buruk bagi anak-anak didiknya. Meskipun begitu, pendidikan yang mengarahkan pada nilai-nilai karakter bukan hanya kewajiban lembaga pendidikan. Sungguh penanaman nilai-nilai karakter ini mestinya haruslah dibangun dari awal di lingkungan rumah. Dan sekali lagi, ini bukan pekerjaan satu pihak dalam sebuah lingkungan kehidupan. Tapi nilai-nilai karakter yang ingin kita bangun itu merupakan tugas semua pihak dalam lingkungan kemasyarakatan. Sehingga anak-anak kita dapat terpantau segala perilakunya baik perkataan dan perbuatannya demi tatanan kehidupan yang lebih terjaga. Pada pembahasan seterusnya. InsyaAllah, saya akan membahas mengenai nilai-nilai karakter (Best Character Value) begitupun metode dan strateginya yang patut kita tanam dan kita perjuangkan untuk generasi kita yang akan datang. Kita harus terus melangkah demi tercapainya sebuah kebaikan karena kebaikan membawa kita kepada kedamamaian dan kedamaian membawa kita kepada Syurga-Nya. InsyaAllah Amin.


You Might Also Like

0 komentar